Senin 22 Maret 2021 MAN 1 Jakarta melaksanakan Ujian Madrasah yang diikuti oleh 224 siswa kelas XII dari kampus A dan kampus B. Terdiri dari 4 jurusan yaitu Bahasa, IPA, IPS dan Keagamaan . Sistem Ujian Madrasah menggunakan CBT E Learning dan Google Form.

Sebelum mengawali Ujian Madrasah, pada hari pertama dilaksanakan kegiatan pengarahan dari kepanitiaan dengan peserta Ujian Madrasah menggunakan Zoom Meet pada pukul 07.00-07.30 wib .

“Ujian saat ini begitu istimewa, 1 tahun tidak belajar tidak bertatap muka hanya dengan daring. diharapkan para siswa tetap semangat , Ini merupakan bagian ujian dari Allah swt. di dalam menuntut ilmu. semoga pelaksanaan kegiatan ini bisa diikuti dengan kesungguhan hati, kejujuran, bertanggung jawab, tata tertib diikuti dengan baik, tetap menjalankan protokol kesehatan dan jika ada yang sakit sehingga tidak dapat mengikuti Ujian ini diharapkan menghubungi panitia ujian madrasah. ungkap Ahmad Rifai

Ujian Madrasah yang dilaksanakan menggunakan daring ( CBT Elearning) diikuti secara bersamaan, untuk kampus A dengan menggunakan 4 laptop. Kelas terdiri dari 4 jurusan yaitu IPA, IPS, Bahasa dan Agama terbagi menjadi 4 ruang , yaitu ruang 1 untuk jurusan IPA, ruang 2 untuk jurusan IPS, ruang 3 untuk jurusan Bahasa dan ruang 4 untuk jurusan Agama . Sedangkan kampus B terdiri dari 2 jurusan yaitu IPA dan IPS , dan dilaksanakan dengan menggunakan Google Form.

Adapun pelajaran yang diujikan pada hari pertama adalah untuk jam pertama mata pelajaran Alqur’an Hadits dan untuk jam kedua mata pelajaran fiqih. Pengawas yang memantau kegiatan pelaksanaan Ujian Madrasah harus hadir ke madrasah karena ada beberapa guru yang mengajar secara paralel (satu mata pelajaran untuk 4 jurusan), juga dikhawatirkan ada kendala teknis agar mempermudah bisa berkoordinasi dengan operator maupn teknisi jika ada kendala yang ditemukan.

Beberapa kendala yang dihadapi pada ujian Madrasah hari pertama masih ada yang terkendala dengan sinyal yang lemah sehingga sulit masuk ke ELearning, masih ada yang ketiduran dan juga ada yang harus mencari internet karena tidak memiliki quota yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *